Wednesday, March 7, 2012

Adab Makan yang di contohkan Rossulloh saw,

1. Makan bersama-sama dan membaca doa makan.
Seorang sahabat bertanya "Ya Rasulullah sesungguhnya kami makan tapi tak kenyang" Nabi saw bersabda "Ini karena kamu makan secara terpisah. Makan lah dengan bersama-sama dan sebutlah nama Allah ketika makan niscaya akan deberkati." (Hr Ahmad, Ibnu Majah )

2. Makan dan minum dengan tangan kanan.
Nabi saw bersabda "Hendaklah kamu makan dengan tangan kanan dan minum dengan tangan kananmu" (Hr Ibnu Majah dengan sanad yangg sohih)

3. Ambik makanan dari tepi wadah.
Nabi saw bersabda: Bila diletakkan makanan harus kamu ambil yang tepi-tepi dari bekas makanan dan biarkan yang tengahnya, maka sesungguhnya berkah turun ditengah-tengah makanan. (HR Abu Daud, Tirmidzi )

4. Menjilat jarinya setelah selesai.
Nabi saw bersabda: "Apabila salah seorang kamu sudah makan harus dia jilat jari-jemarinya maka sesungguhnya dia tidak tahu mana satu makanan yg berkat. (Hr Muslim)

5. Tidak terlampau kenyang.
Nabi saw bersabda: "Tidak ada bekas yg diisi penuh oleh manusia yg lebih buruk dr perutnya" (Hr Ahmad, tirmizi )

6. Mendahulukan orang yang Alim untuk makan (atau pun org yang dihormati).
Huzaifah berkata: Sesungguhnya bila kami beserta rasulullah saw dihidangkan makanan; tidak seorang pun memulai mau makan sehingga beliau mulai menjamahnya. (Hr Muslim)

7. Jangan mencela makanan.
Abu Hurairah berkata: Rasulullah tidak pernah mencela makanan langsung; Jika beliau suka beliau akan makan. Jika tidak ia akan tinggalkan (tanpa mencela makanan.) (HR Bukhari dan Muslim)

8. Mengutip makanan yang jatuh, membersihkan dan makan.
Nabi s.a.w bersabda:
"Ketika jatuh makanan salah seorang kamu harus dia bersihkan makanan itu dan makan. Janganlah dia biarkan makanan itu untuk setan. (Hr Muslim)

9.Mengucapkan Alhamdulillah setelah selesai makan.
Abu Said berkata "Rasulullah setelah selesai makan berkata:

الحمدلله الذي أطعمنا وسقانا وجعلنا من المسلمين Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberi makan dan minum dan menjadikan kami dr kalangan orang-orang Islam. (Hr Ahmad, Bukahri fi Tanggal dll itu sanad yg hasan)

No comments:

Post a Comment